13 Bintang Zodiak [Rasi Bintang Baru]

Suatu rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang tampak berhubungan membentuk suatu konfigurasi khusus. Dalam ruang tiga dimensi, kebanyakan bintang yang kita amati tidak memiliki hubungan satu dengan lainnya, tetapi dapat terlihat seperti berkelompok pada bola langit malam. Manusia memiliki kemampuan yang sangat tinggi dalam mengenali pola dan sepanjang sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang tampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang. Susunan rasi bintang yang tidak resmi, yaitu yang dikenal luas oleh masyarakat tapi tidak diakui oleh para ahli astronomi atau Himpunan Astronomi Internasional, juga disebut asterisma.

Bintang-bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang yang mempunyai hubungan astrofisika; mereka hanya kebetulan saja tampak berdekatan di langit yang tampak dari Bumi dan biasanya terpisah sangat jauh.Pengelompokan bintang-bintang menjadi rasi bintang sebenarnya cukup acak, dan kebudayaan yang berbeda akan memiliki rasi bintang yang berbeda pula, sekalipun beberapa yang sangat mudah dikenali biasanya seringkali ditemukan, misalnya Orion atau Scorpius.Himpunan Astronomi Internasional telah membagi langit menjadi 88 rasi bintang resmi dengan batas-batas yang jelas, sehingga setiap arah hanya dimiliki oleh satu rasi bintang saja.

Pada belahan bumi (hemisfer) utara, kebanyakan rasi bintangnya didasarkan pada tradisi Yunani, yang diwariskan melalui Abad Pertengahan, dan mengandung simbol-simbol Zodiak. Beragam pola-pola lainnya yang tidak resmi telah ada bersama-sama dengan rasi bintang dan disebut asterisma, seperti Bajak (juga dikenal di Amerika Serikat sebagai Big Dipper) dan Little DipperSaat ini, penelitian telah menemukan rasi bintang Ophiuchus, dikenal sebagai Serpentarius. Zodiak ini jarang digunakan, serta tidak termasuk dalam sebagian besar versi rasi bintang. Lalu, kapankah rasi bintang Serpentarius akan masuk ke dalm 12 zodiak.  Parke Kunkle, seorang astronom, mengatakan, “pelurusan Bumi berubah dalam 3.000 tahun terakhir sehingga  mendorong rasi bintang baru masuk ke dalam zodiak.” Ia menambahkan, “sebenarnya proses itu telah berlangsung selama ribuan tahun.”  Dalam astronomi, zodiak adalah cincin dari rasi bintang yang garis ekliptika, yang merupakan jalur jelas matahari di bola langit sepanjang tahun. Jalan bulan dan planet juga terletak kira-kira dalam ekliptika, dan begitu juga dalam konstelasi bintang dari zodiak. Dalam astrologi, zodiak menunjukkan tanda-tanda yang membagi ekliptika sehingga membagi menjadi dua belas zona bujur langit yang sama. Dengan demikian, zodiak adalah sistem koordinat langit atau lebih khusus suatu sistem koordinat ekliptika. Akibatnya, ecliptic dikenal sebagai asal lintang, dan posisi matahari di vernal equinox sebagai asal bujur.(ADO/thirdage)

1. Capricorn: 20 Januari-16 Februari

2. Aquarius: 16 Februari-11 Maret

3. Pisces: 11 Maret-18 April

4. Aries: 18 April-13 Mei

5. Taurus: 13 Mei-21 Juni

6. Gemini: 21 Juni-20 Juli

7. Cancer: 20 Juli-10 Agustus

8. Leo: 10 Agustus-16 September

9. Virgo: 16 September-30 Oktober

10. Libra: 30 Oktober-23 November

11. Scorpio: 23 November-29 November

12. Ophiuchus: 29 November-17 Desember

13. Sagitarius: 17 Desember-20 Januari

source: liputan6, wikipedia, google

About mandafishy

Iam just me! Nothing more nothing less and im not pretty but im the best :D Called me just MISS. SIMPLE

Posted on April 7, 2011, in Hot Issue and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. nice blog…
    keren gan….

    visit me ya….

I will appreciate you more if you'll give a comment, thanks: D

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: